Powered By Blogger

Saturday, November 3, 2018

PENGANTAR PENDIDIKAN DUNIA PERKULIAHAN



HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA


        

        Dalam sebuah pendidikan, perlu adanya pelaku pendidikan yaitu manusia. Manusia memiliki akal dan pikiran yang sangat berpengaruh dalam sebuah pendidikan. Untuk itu, sebelum membahas hakikat manusia, kita harus tau apa itu manusia?. Berikut penjelasannya. 

A.  Manusi
Manusia adalah makhluk monodualis yang berarti mempunyai 2 unsur yakni Jiwa dan Raga.
      1. Jiwa : Cipta, Rasa, dan Karsa.
      2. Raga : Sifat benda mati, Sifat Tumbuhan, dan Sifat Hewani.           
Selain termasuk makhluk monodualis, manusia juga dapat diartikan sebagai:
      1.Makhluk berbudi (Homosapien).
      2. Makhluk berakal atau berpikir secara logis (Homorational).
      3. Makhluk kreatif (Homofaber).
      4. Makhluk ber- Tuhan (Homoreligius).
      5. Binatang yang dapat di didik (Animal Educandum).

B.  HAKIKAT MANUSIA

      Hakikat manusia adalah sifat atau karakteristik yang membedakan antara manusia dengan makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Tetapi, pada nyatanya ada beberapa hal yang sama antara manusia dengan hewan, seperti bentuk badan atau hal lainnya. Satu hal yang paling membedakan manusia dengan hewan adalah manusia memiliki akal pikiran. Selain itu, berikut ini beberapa hakikat manusia :
      1. Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhannya.
      2. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku
intelektual dan sosial.
      3. Mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif.
      4. Mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
      5. Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak
pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
      6. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk
mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik
untuk ditempati.
      7. Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan
ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas.
      8. Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan
baik dan jahat.
      9. Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial,
bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa
hidup di dalam lingkungan sosial.

C.      UNSUR MANUSIA MENURUT ISLAM
Dalam ISLAM, manusia terdiri dari 3 bagian yang saling berkaitan,yakni:
     1. Jasmani
         Terdiri dari air, kapur, angin, api dan tanah.
     2. Ruh
         Terbuat dari cahaya (nur). Fungsinya untuk menghidupkan jasmani.
     3. Jiwa
         Manusia memiliki fitrah dalam arti potensi yaitu kelengkapan yang diberikan pada saat dilahirkan ke dunia. Atau dapat diartikan sebagai Potensi yang dimiliki manusia dapat di kelompokkan pada dua hal yaitu potensi fisik dan potensi rohania.

D.      PANDANGAN ILMIAH TERHADAP MANUSIA
Pandangan ilmiah terhadap manusia terdiri dari :
1.    Antropologi Biologi
    a. Manusia adalah makhluk homosapien
    b. Puncak evolusi organik makhluk hidup
    c. Berjalan tegak Bipedal locomotion
    d. Mempunyai otak besar dan kompleks
    e. Hewaan yang tergeneralisasi, dapat hidup dalam berbagai lingkungan.
    f. Periode kehamilan panjang dan anak lahir tak berdaya.
    g. Mempuyai ciri-ciri tumbuh,hidup, berkembang, sensitif, berpikir rasional.
    h. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna, sekaligus sebagai makhluk yang paling tidak sempurna. Manusia membutuhkan pertolongan, bergantung pada makhluk lain,perlu latihan,dan memerlukan pendidikan.

2.    Antropologi Budaya
    Manusia adalah Organisme Sodiobudaya yang berarti menciptakan dunia sendiri.

3.    Psikologi
    a. Individu pembelajar
    b. Unik (ada perbedaan individual)
    c. Banyak kesamaan daripada perbedaannya
    d. Mempunyai berbagai diri
    e. Sebuah organisme total
    f. Mempunyai kesiapan bertindak
    g. Mempunyai tugas-tugas perkembangan
    h. Mempunyai berbagai kebutuhan
    i. Mempunyai kecenderungan umum dalam bertingkah laku
    j. Mempunyai tujuan khusus
    k. Motivator bagi diri sendiri

4.    Sosiologi
    Manusia adalah binatang yang hidup bermasyarakat (Animal Sociale).

5.    Politik
    a. Manusia adalah hewan yang hidup berpolitik (Animal Politicon).
    b. Bidang ilmu politik
1.      Teori politik
2.      Lembaga politik
3.      Partai politik, kelompok politik, pendapat umum
4.      Hubungan Internasional

6.    Ekonomi
    a. Manusia dalah hewan yang berusaha memperoleh kemakmuran materiil (Animal Economica).
    b. Bidang Ekonomi
1.      Konsumsi
2.      Produksi
3.      Distribusi
4.      Pertembuhan sepanjang waktu. 
      Kesimpulan
      "Dalam sebuah pendidikan, perlu adanya pengetahuan tentang hakikat manusia. Pemahaman tentang hakikat manusia dapat membantu seseorang memahami manusia lain dan dapat mengetahui bagaimana cara melakukan pengajaran atau hal yang lain yang berhubungan dengan manusia dengan tepat".

1 comment:

Unknown said...

Sangat bermanfaat. Ditunggu artikel selanjutnya. 😊

UAS PENDIDIKAN INFORMATIKA

Kali ini saya akan membuat tutorial mengenai cara membuat raport secara otomatis di excel, baik menggunakan vlookup, hlookup, dan data....