HAKIKAT MANUSIA
DAN PENGEMBANGANNYA
Dalam sebuah pendidikan, perlu
adanya pelaku pendidikan yaitu manusia. Manusia memiliki akal dan pikiran yang
sangat berpengaruh dalam sebuah pendidikan. Untuk itu, sebelum membahas hakikat
manusia, kita harus tau apa itu manusia?. Berikut penjelasannya.
A. Manusia
Manusia adalah makhluk monodualis yang berarti
mempunyai 2 unsur yakni Jiwa dan Raga.
1. Jiwa
: Cipta, Rasa, dan Karsa.
2. Raga
: Sifat benda mati, Sifat Tumbuhan, dan Sifat Hewani.
Selain termasuk makhluk
monodualis, manusia juga dapat diartikan sebagai:
1.Makhluk berbudi (Homosapien).
2. Makhluk berakal atau
berpikir secara logis (Homorational).
3. Makhluk kreatif (Homofaber).
4. Makhluk ber- Tuhan (Homoreligius).
5. Binatang yang dapat di
didik (Animal Educandum).
B. HAKIKAT MANUSIA
Hakikat manusia adalah
sifat atau karakteristik yang membedakan antara manusia dengan makhluk hidup
lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Tetapi, pada nyatanya ada beberapa hal yang
sama antara manusia dengan hewan, seperti bentuk badan atau hal lainnya. Satu
hal yang paling membedakan manusia dengan hewan adalah manusia memiliki akal
pikiran. Selain itu, berikut ini beberapa hakikat manusia :
1. Makhluk yang memiliki tenaga
dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhannya.
2. Individu yang memiliki sifat
rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku
intelektual dan sosial.
3. Mengarahkan dirinya ke tujuan
yang positif.
4. Mampu mengatur dan mengontrol
dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
5. Makhluk yang dalam proses menjadi
berkembang dan terus berkembang tidak
pernah selesai (tuntas) selama
hidupnya.
6. Individu yang dalam hidupnya
selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk
mewujudkan dirinya sendiri,
membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik
untuk ditempati.
7. Suatu keberadaan yang berpotensi
yang perwujudanya merupakan
ketakterdugaan dengan potensi
yang tak terbatas.
8. Makhluk Tuhan yang berarti ia
adalah makhluk yang mengandung kemungkinan
baik dan jahat.
9. Individu yang sangat dipengaruhi
oleh lingkungan turutama lingkungan sosial,
bahkan ia tidak bisa berkembang
sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa
hidup di dalam
lingkungan sosial.
C.
UNSUR
MANUSIA MENURUT ISLAM
Dalam ISLAM, manusia terdiri dari 3 bagian yang
saling berkaitan,yakni:
1. Jasmani
Terdiri dari air,
kapur, angin, api dan tanah.
2. Ruh
Terbuat dari cahaya (nur). Fungsinya untuk menghidupkan
jasmani.
3. Jiwa
Manusia memiliki fitrah
dalam arti potensi yaitu kelengkapan yang diberikan pada saat dilahirkan ke
dunia. Atau dapat diartikan sebagai Potensi yang dimiliki manusia dapat di
kelompokkan pada dua hal yaitu potensi fisik dan potensi rohania.
D.
PANDANGAN
ILMIAH TERHADAP MANUSIA
Pandangan ilmiah terhadap manusia
terdiri dari :
1. Antropologi
Biologi
a. Manusia adalah makhluk homosapien
b. Puncak evolusi organik makhluk hidup
c. Berjalan tegak Bipedal locomotion
d. Mempunyai otak besar dan kompleks
e. Hewaan yang tergeneralisasi, dapat hidup
dalam berbagai lingkungan.
f. Periode kehamilan panjang dan anak lahir
tak berdaya.
g. Mempuyai ciri-ciri tumbuh,hidup,
berkembang, sensitif, berpikir rasional.
h. Manusia adalah makhluk yang paling
sempurna, sekaligus sebagai makhluk yang paling tidak sempurna. Manusia
membutuhkan pertolongan, bergantung pada makhluk lain,perlu latihan,dan
memerlukan pendidikan.
2. Antropologi
Budaya
Manusia
adalah Organisme Sodiobudaya yang
berarti menciptakan dunia sendiri.
3. Psikologi
a. Individu pembelajar
b. Unik (ada perbedaan individual)
c. Banyak kesamaan daripada perbedaannya
d. Mempunyai berbagai diri
e. Sebuah organisme total
f. Mempunyai kesiapan bertindak
g. Mempunyai tugas-tugas perkembangan
h. Mempunyai berbagai kebutuhan
i. Mempunyai kecenderungan umum dalam
bertingkah laku
j. Mempunyai tujuan khusus
k. Motivator bagi diri sendiri
4. Sosiologi
Manusia
adalah binatang yang hidup bermasyarakat (Animal
Sociale).
5. Politik
a. Manusia adalah hewan yang hidup
berpolitik (Animal Politicon).
b. Bidang ilmu politik
1. Teori
politik
2. Lembaga
politik
3. Partai
politik, kelompok politik, pendapat umum
4. Hubungan
Internasional
6. Ekonomi
a. Manusia dalah hewan yang berusaha
memperoleh kemakmuran materiil (Animal Economica).
b. Bidang Ekonomi
1. Konsumsi
2. Produksi
3. Distribusi
4. Pertembuhan
sepanjang waktu.
Kesimpulan "Dalam sebuah pendidikan, perlu adanya pengetahuan tentang hakikat manusia. Pemahaman tentang hakikat manusia dapat membantu seseorang memahami manusia lain dan dapat mengetahui bagaimana cara melakukan pengajaran atau hal yang lain yang berhubungan dengan manusia dengan tepat".
1 comment:
Sangat bermanfaat. Ditunggu artikel selanjutnya. 😊
Post a Comment