PENGERTIAN
DAN UNSUR PENDIDIKAN
Dalam
kehidupan, manusia membutuhkan pendidikan sebagai bekal untuk menjalani hidup.
Selain itu, dalam Undang-undang juga sudah dijelaskan bahwa menempuh pendidikan
adalah wajib minimal 12 tahun. Pendidikan tidak semata-mata hanya diperoleh
dalam bangku sekolah formal saja, tapi juga informal. Belajar tidak mengenal
tempat,waktu dan dengan siapa kita belajar. Untuk itu, kita perlu mengetahui
apa itu pendidikan?
A. PENDIDIKAN
Berbicara
tentang pendidikan, pendidikan dapat diartikan dengan banyak pendapat, tetapi
memiliki makna yang sama. Pendidikan dapat diartikan sebagai:
1. Usaha
manusia untuk membina kepribadianya sesuai dengan nilai-nilai dalam masyarakat
dan kebudayaan.
2. Usaha
yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok orang lain agar menjadi dewasa
atau mencapai tingkat hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti
mental
3. Usaha
secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensinya.
Pendidikan
menurut ahli:
a. Langeneld
Setiap usaha, pengaruh,
perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju
kepada pendewasaan anak itu, atau
lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.
b. John Dewey
Proses pembentukan kecakapan-kecakapan
fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia
c. J.J. Rousseau
Memberi kita perbekalan yang tida
ada pada masa kanak-kanak , akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa
d. Driyakarna
Pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan
manusia muda ke taraf insani
e. Carter V. Good
Seni, praktik, atau profesi
sebagai pengajar Ilmu yang sistematis atau pengajaran yang
berhubungan dengan prisnip dan
metode metode mengajar, pengawasan dan bimbingan murid dalam arti luas
digantikan dengan istilah pendidikan
f. Ahmad D. Marimba
Bimbingan atau pimpinan secara
sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan
rohani si terdidik menuju
terbentuknya kepribadian yang utama.
g. Ki Hajar Dewantoro
Menuntun segala kekuatan kodrat
yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota
masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
B. Unsur-unsur pendidikan:
1. Usaha (kegiatan), bersifat bimbingan/pimpinan/pertolongan
dan dilakukan secara sadar
2. Ada pendidik, pembimbing,
penolong
3. Ada yang didik atau terdidik
4. Bimbingan itu mempunyai dasar dan
tujuan
5. Alat yang digunakan
UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003
" Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta
keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara."
Faktor-faktor Pendidikan
1. Adanya tujuan yang hendak
dicapai.
Tujuan
Pendidikan
Di dalam UU Sisdiknas Pasal 3 dijelaskan bahwa:
" Pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat
dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab."
Untuk itu, tujuan pendidikan bagi anak-anak adalah:
a. Pemanusiaan anak
b. Pemberdayaan anak
c. Pelaksanaan nilai-nilai
Konsekuensi pendidikan
1. Head : pengembangan pikir,akal
2. Heart : pengembangan rasa,karsa
3. Hand : pengembangan keterampilan,
jasmani
4. Health : pengembangan
kesehatan,kebersihan
5. Heaven : pengembangan rasa
Ketuhanan, moral
2. Adanya subyek manusia (pendidik
dan anak didik) yang melakukan pendidikan.
a. Pendidik
- Orang
yang memikul tanggung jawab untuk mendidik.
- Siapa?
Guru, Orangtua, Masyarakat,Siswa itu sendiri
Sebagai seorang pendidik, seseorang harus memiliki kompetensi-kompetensi khusus, diantaranya adalah:
- Kompetensi
pedagogik
yakni kemampuan mengelola
pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap
peserta didik, perancangan dan
pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
- Kompetensi kepribadian
adalah kemampuan kepribadian yang
mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta
didik, dan berakhlak mulia.
- Kompetensi profesional
adalah
kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang
memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar
kompetensi yang ditetapkan dalam
Standar Nasional Pendidikan.
- Kompetensi sosial
adalah kemampuan pendidik sebagai
bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan
peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta
didik, dan masyarakat sekitar.
b. Anak
didik
Sifat?
- Belum memiliki pribadi dewasa
sehingga menjadi tanggungjawab pendidik
- Proses menuju dewasa
3. Alat pendidikan yang digunakan
dalam proses pendidikan.
a. Alat
pendidikan
Sarana : Peralatan yang secara
langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, khususunya
proses belajar mengajar.
Prasarana : Fasilitas yang secara
tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau
pengajaran.
4. Lingkungan
Lingkungan pendidikan merupakan tempat dimana peristiwa bimbingan atau pendidikan berlangsung. Secara umum lingkungan pendidikan dibagi menjadi tiga yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Ketiganya sering disebut sebagai tri pusat pendidikan.
Lingkungan pendidikan merupakan tempat dimana peristiwa bimbingan atau pendidikan berlangsung. Secara umum lingkungan pendidikan dibagi menjadi tiga yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Ketiganya sering disebut sebagai tri pusat pendidikan.
a. Masyarakat
b. Sekolah
c. Keluarga
Demikian pengertian dan unsur pendidikan, semoga bermanfaat untuk pembaca. Pendidikan adalah hal penting dalam pendidikan, untuk itu sebisa mungkin kita harus bisa mengenyam pendidikan untuk kebaikan kita sendiri dan untuk generasi yang lebih baik.
referensi:
https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/manajemen-pendidikan.html
https://www.daftarinformasi.com/unsur-unsur-pendidikan/
https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/manajemen-pendidikan.html
https://www.daftarinformasi.com/unsur-unsur-pendidikan/
No comments:
Post a Comment