Powered By Blogger

Thursday, January 24, 2019

UAS PENDIDIKAN INFORMATIKA

Kali ini saya akan membuat tutorial mengenai cara membuat raport secara otomatis di excel, baik menggunakan vlookup, hlookup, dan data. Untuk sumber data tidak saya bahas karena hanya ada rumus sum, average, dan rank.


1. pertama buat ketikan tulisan seperti diatas, untuk bagian isian nama, nomor induk, angka, huruf dan keterangan dikosongi terlebih dahulu.

2.Buat tempat dari semua data yang akan dimaksukkan kedalam raport dalam sheet kedua, di sheet ini semua isian dibuat.
3.Selanjutnya, pada kolom nama untuk pengisian nama otomatis kita menggunakan data validation, pada bagian allow, kita pilih list dan bagian source kita ambil dari sheet kedua. Disini sheet kedua saya, saya beri nama data. Jadi rumusnya =DATA!$B$8:$B$39.

Apabila berhasil hasilnya akan seperti ini,,


4. Pada nomor induk kita menggunakan vlook up, ini karena table yang akan dibaca bentuknya tegak, dimana rumusnya =VLOOKUP(C6,DATA!$B$8:$B:39,FALSE) , di rumus ini C6 adalah kolom nama, dan bagian depannya adalah tempat dari data nama di sheet kedua, hal ini karena nomor induk mengikuti nama.
5. Yang selanjutnya adalah pengisian nilai, sama seperti no induk kita menggunakan acuan dari kolom nama yaitu c6 dan sheet kedua yaitu dari nama B8 sampai rangking terakhir di v39, pada bagian ini depan angka dan huruf diberi $ untuk pengunci, karena koom nilai pertama pada sorotan berada di bagian ketiga maka setelah sorotan tadi diberi koma lalu angka tiga. Untuk nilai lain juga menyesuaikan. Untuk catatan apabila ingin untuk mengcopy rumus, lalu diedit jangan lupa menambahkan tanda $, di depan huruf c dan angka 6.

6. Untuk pengisian nilai pada kolom huruf, kita akan membuat satu sheet lagi untu isian data sebagai berikut.disini kita memakai VLOOKUP dan menggunakan acuan pada kolom nilai, dan pada sheet tempat data tulisan angka dan huruf kita sorot dari awal hingga akhir data, selanjutnya pada rumus tulis dua karena huruf dibagian kedua.
7. selanjutnya adalah jumlah nilai, disini kita memakai sum seperti biasa.
8. setelah jumlah, maka kita buat rata-rata memakai average.

9. untuk selanjutnya dan terakhir adalah keterangan, dimana diata 90 nilainya a,diatas 80 maka b, diatas 75 adalah c, dan dibawah itu d. rumusnya memakai if ganda, =IF(E14>=90,"A",IF(E14>=80,"B",IF(E14>=75,"C","D"))), rumus ini mengacu pada bagian nilai dan tidak dikunci memakai $.

10. apabila pada tampilan memakai rangking, maka kita tinggal menambahkan rumus =rank(.., $.$.:$.$.dari data isian.


No comments:

UAS PENDIDIKAN INFORMATIKA

Kali ini saya akan membuat tutorial mengenai cara membuat raport secara otomatis di excel, baik menggunakan vlookup, hlookup, dan data....