Ilmu Ketuhanan
Ilmu ketuhanan terbagi me ga njadi
tiyaitu : 1. Ilmu Tauhid
2.
Ilmu Kalam
3.
Ilmu Ushuludin
1.
Ilmu
Tauhid
A. Pengertian
· Secara
etimologi dalam KBBI keesaan Allah
· Tauhid
berasal dari bahasa arab, wahhada, yuwahhidu, tauhidan yang berarti mengesakan
Allah. Lawanya syirik.
· Didalam
Al-Qur’an terdapat sebuah surat yang secara spesifik mengungkap keesaan Allah,
yaitu Ai-Ikhlas yang disebut juga surah At-Tauhid
· Salah
satu cabang ilmu studi keislaman yang lebih memfokuskan pada pembahasan wujud
Allah dengan segala sifat-Nya serta para rasul-Nya, sifat-sifat dan segala
perbuatanya dengan berbagai pendekatan.
B. Dasar
Ilmu Tauhid
· Qs
Al-Faatihaah : 5
· Al-Anbiya
: 25
C. Obyek
Pembahasan Ilmu Tauhid
a. Tauhid
Ilahiyah (ketuhanan)
Ø Tauhid
Rububiyyah (unity of creation) pandangan bahwa allah lah satu-satunya pencipta, pemelihara, pengatur, dan pemberi rezeki semua makhluk
Ø Tauhid
Uluhiyyah (unity of god ahead) kesatuan peribadatan pandangan bahwa tak ada
yang patut disembah kecuali Allah (Q.S. Al-AJatsiyah : 23), (Dalil : Q.S.
Al-Faatihaah : 2, Q.S. Yunus : 31).
Ø Tauhid
Dzat, sifat-sifat dan nama-nama-Nya yaitu pembahasan tentang sifat-sifat,
nama-nama yang disebut sendiri oleh Rasul-Nya yang tidak sama dengan makhluk
lain. (Q.S. Al-Araf : 180).
b. Tauhid
Nubuwwah (kenabian)
Ø Tauhid
yang membahas kenabian, kedudukan dan peranan serta sifat-sifat dan
keistimewaanya. (Q.S. An-Nahl : 43).
c. Tauhid
sam’iyyat yaitu sesuatu yang diperoleh lewat pendengaran dari sumber yang meyakinkan (Al-Qur’an dan Hadits)
Ø Ilmu
tauhid yang membahas masalah-masalah dari dalil-dalil naqli seperti datangnya
hari akhir, hari kebangkitan, dan hari kubur, dll. (Q.S. Az-Zumar : 60).
D. Tingkatan
Sikap Tauhid
· Ragu
(taklid), yaitu orang yang berakidah hanya karena ikut-ikutan saja tidak
mempunyai pendirian sendiri.
· Muttabi,
yaitu orang yang berakidah mulanya ikut-ikutan kepada prang lain, tetapi
kemudian dia mencari tau dari apa yang diikutinya.
· Yakin,
yaitu orang yang berakidah tidak ikut-ikutan semata melainkan sudah diawali
dengan ilmunya dan dapat dibuktikan dengan ilmu tersebut.
· Ain
Al Yakin, yaitu disamping beriman karena ilmu yang diperoleh, juga dapat
membuktikan langsung antar objek dengan data atau bukti (dalil).
· Haq
Al-Yakin, yaitu beriman dengan ilmu dan membuktikan rasional juga dapat
merasakanya dengan pengalaman-pengalaman keagamaan.
E. Implikasi
Dari Tauhid
Ø Munculnya
tauhid hidayah (unity of guidance) adalah pandangan bahwa tak ada petunjuk yang
layak diikuti kecuali petunjuk yang digariskan oleh Allah.
Ø Tauhid
Ummah (unity of mankind) pandangan bahwa pada hakikatnya manusia itu satu
karena ia berasal dari tuhan yang satu (Q.S. Al-Baqarah : 213)
Ø Lahirnya
pandangan kesatuan alam semesta (unity of the whole universe)
2.
Ilmu
Kalam
A. Pengertian
· Secara
etimologi “kalam” yang berarti “kata-kata” (firman Allah).
· Secara
terminologis : ilmu yang membahas tentang ketuhanan dengan nuansa pemikiran
yang cenderung menggunakan filsafat yang dikaitkan dengan dali-dalil naqli.
Ilmu kalam disebut juga dengan teologi islam.
B. Perbedaan
Ilmu Kalam Dan Ilmu Tauhid
Ø Persoalan-persoalan
dosa besar
Ø Kafir
Ø Mu’min
Ø Fasuk
Ø Wahyu
Ø Akal
Ø Kekuasaan
Tuhan
Ø Perbuatan
manusia, keadilan tuhan, sifat-sifat tuhan, dll.
C. Aliran-aliran
Dalam Ilmu Kalam
· Aliran
Khawarij
- Terdiri
atas pengikut-pengikut Ali Bin Talib
- Berasal
dari kata kharaja yang berarti keluar
- Didasarkan
atas Q.S. An-Nisa : 100. Yang didalamnya disebutkan “keluar dari rumah lari kepada Allah dan Rasi-Nya”
- Terdiri
dari orang-orang arab Badawi, hidup dipadang pasir yang serba tandus, bersifat
sederhana dalam berfikir, keras hati, serta berani dan bersikap merdeka.
- Kufr
: siapakah yang dimaksud kafir dan keluar dari islam?
- Siapa
yang sebenarnya masih islam dan siapa yang telah keluar dari islam dan menjadi
kafir.
- Golongan-golongan
kaum Khawarij
Al-Muhakkimah
ü Semua
orang yang menetujui arbitrasebersalah dan menjadi kafir
ü Tiap
orang yang berbuat dosa besar
ü Berbuat
zina, pembunuh manusia menjadikan keluar dari islam dan menjadi kafir
Al-Azariqah
ü Golongan
barisan baru dan besar lebih kuat lebih dari 20 ribu pengikut
ü Daerah
kekuasaan diperbatasan irak dengan iran
ü Memakai
term musrik auto politeisme merupakan dosa yang terbesar dari pada kurf
ü Musrik
: orang islam yang tak sepaham
ü Diuji
dengan tawanan untuk ia bunuh
ü Semua
harta musuh boleh dijadikan rampasan perang
Al-Najdat
ü Orang
berdosa besar yang menjadi kafir dan kekal dalam neraka hanyalah orang-orang
islam yang tak sepaham dengan golonganya
ü Dosa
kecil yang dikerjakan secara terus menerus akan menjadi dosa besar sehingga
menjadi musyrik
ü Diwajibkan
bagi tiap-tiap mulim ialah mengetahui Allah dan Rasul-Nya, haram membunuh,
percaya pada yang diwahyukan Allah kepada Rasul-Nya
Al-Ajaridah
ü Bersifat
lunak, berhijrah bukan merupakan kewajiban, tetapi merupakan kebajikan
ü Boleh
tinggal diluar daerah kekuasaan
ü Harta
yang boleh dijadikan rampasan perang hanyalah harta yang telah mati terbunuh
ü Tidak
mengakui surat yusuf sebagai bagian dari Al-Qur’an dikarenakan membawa cerita
cinta
Al-Suriah
ü Kurang
ekstrim
ü Tidak
berhijrah tidak kafir
ü Tidak
berpendapat bahwa anak-anak kaum musrik boleh dibunuh
ü Tidak
berpendapat orang yang berdosa besar menjadi musrik, membagi 2 golongan dosa besar : dosa yang ada
sangsinya didunia dan dosa yang tidak ada sangsinya didunia
ü Yang
diperangi hanyalah pemerintah
ü Kurf
bi inkar Al-Ni’mah (mengingkari rahmat tuhan)
ü Kurf
bi inkar Ar-Rububiah (mengingkari tuhan)
Al-Ibadiah
ü Golongan
paling moderat
ü Orang
islam yang tak sepaham bukanlah mukmin dan bukan musrik, tetapi kafir
ü Orang
islam yang berbuat dosa besar adalah yang mengEsa-Kan Tuhan tetapi bukan mukmin
dan bukan kafir Al-Millah, yaitu kafir agama
ü Yang
boleh dirampas perang hanyalah kuda dan senjata
ü Gplongan
ini masih ada sampai sekarang di Zanzibar, Afrika Utara, Umman, Arabia Selatan
· Aliran
Murji’ah
- Berasal
dari kata “arja’a” yang berarti menunda
- Siapa
yang masih mukmin tidak keluar dari islam
- Terbagi
menjadi 2 golongan : golongan moderat dan golongan ekstrim
Golongan
moderat
ü Orang
yang berdosa besar bukanlah kafir dan tidak kekal dalam neraka, tetapi akan
dihukum dalam neraka sesuai dengan besarnya dosa yang dilakukan
ü Abu
Hanifah menggambarkan bahwa iman semua orang islam sama, tidak ada perbedaan
Golongan
ekstrim
ü Pengikut
Jahm Ibn Safwan
ü Orang
islam yang percaya pada tuhan dan kemudian menyatakan kekufuran secara lisan
tidak menjadi kafir, karena iman dan kufr tempatnya hanyalah dalam hati bukan
bagian lain tubuh manusia
ü Golongan
yunusiah berpendapat bahwa melakukan maksiat atau pekerjaan-pekerjaan jahat
tidak termasuk iman seseorang
· Aliran
Mu’tazilah
-
Golongan yang membawa persoalan teologi
yang lebih mendalam dan bersifat filosofi
- Kata “I’tazilah’ telah dipakai kira-kira
100 tahun sebelum perstiwa wasil dan Hasn Al-Basri
-
Ajaran Al-Manzilah bain Al-Manzilatain,
posisi diantara dua posisi dalam arti posisi menengah . orang yang berbuat dosa
besar bukan kafir, dan bukan pila mukmin tetapi fasiq
- Tuhan bersifat bijaksana dan adil
- Peniadaan sifat-sifat tuahan
· Aliran
Maturidiyah
· Ahlussunah
Wal-jama’ah
-
Golongan yang berpegang pada sunnah dan
merupakan mayoritas
-
Percaya dan menerima hadits-hadits sahih
tanpa memilih dan tanpa interpretasi
-
Kaum asy’ariah dan kaum maturidiyah
· Aliran
Qadariah
- Berasal dari pengertian bahwa manusia
terpaka tunduk pada qadar dan kadar tuhan . free will
- Manusia mempunyai kemerdekaan dan
kebebasan dalam menentukan perjalanan hidupnya
-
Dalam hadits “kaum Qadariah merupakan majusi
umat islam” dalam arti golongan yang sesat
· Aliran
Jabariah
-
Berasal dari jabara yang artinya memaksa
-
Manusia tidak mempunyai kemerdekaan
dalam menentukan kehendak dan perbuatanya
- Berpaham bahwa manusia mengerjakan
perbuatanya dalam keadaan terpaksa (fatalism atau predestination) perbuatan
manusia sudah ditentukan dari semula oleh qada dan kadar tuhan
3.
Ilmu
Ushuldin
A. Pengertian
· Ilmu
yang mempelajari tentang dasar-dasar keyakinan agama islam (iman) dan segala
hal yang berhubungan dengan iman, diantaranya sifat wajib, mustahil, dan jaiz,
dll
· Ilmu
ushuludin bisa disebut sebagai ilmu kalam, ilmu tauhid, ilmu aqaid, ilmu sifat
20, theologi
· Tujuan
tetap sama ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar keyakinan agama islam
(iman)
B. Manfaat
Mempelajari Ilmu Ushuludin
· Menumbuhkan
keyakinan yang mendalam terhadap Allah SWT
· Mendorong
kita melakukan kebaikan dan menjauhi larangan
C. Urgwnsi
Ilmu Ushuludin
1. Memurnikan
ibadah kepada Allah SWT semata
-
Untuk tidak mencari tuhan lain selain
Allah SWT (Q.S. Al-An’am : 164 dan Ali-Imran : 64)
-
Tidak menjadikan selain Allah sebagai
wali yang dicintainya (Q.S. Al-An’am : 14, Al-Baqarah 165 dan 167)
-
Tidak mencari hakim selain Allah, yang
ditaatinya sebagaimana ia taat kepada Allah (Q.S. Al-An’am : 144)
2. Kufur
segala thaghut dan berlepas diri dari orang-orang yang menyembahnya
3. Melepaskan
diri dari orang-orang yang menyembah dan memberikan loyalitas kepada thaghud
(Q.S. Al-Baqarah : 256)
4. Membentengi
diri dari syirik dan segala warna dan tingkatanya serta menutup celah-celah
yang menunjuk kepada-Nya
D. Peran Ilmu Ushuludin
· Melahirkan
sebagai disiplin ilmu yang merupakan produk alami dari pandangan dunia dan
peradaban islam
· Pengungkapan
kembali sistem metafisik yang telah dibangun dalam tradisi islam, dan
menawarkan langkah praktis berupa perencanaan universitas yang memiliki
struktur yang berasa pada pandangan dunia islam.
· Kesatuan,
pengetahuan, kehidupan, dan sejarah
No comments:
Post a Comment